BPIP Gelar Kegiatan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 Sebagai Bentuk Apresiasi Putra Bangsa

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:25 WIB
BPIP Gelar Kegiatan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 Sebagai Bentuk Apresiasi Putra Bangsa (Dok. BPIP)
BPIP Gelar Kegiatan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 Sebagai Bentuk Apresiasi Putra Bangsa (Dok. BPIP)

 

JemberNerwork.com - Badan Pembinaan dan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan kegiatan penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dan penyelenggaraan Kirab Pancasila. 

Pembentukan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sendiri diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018.

BPIP mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Kemendagri, BPIP Gencar Lakukan Institusionalisasi Pancasila di Pemda

Selain itu, BPIP juga bertugas untuk melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada Lembaga Tinggi Negara, kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Organisasi Sosial Politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Tugas dan kewenangan BPIP sendiri senada dengan Peraturan BPIP RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Tahun 2020 – 2024.

Hal tersebut bermaksud untuk memberikan arah dan mendorong penguatan praktik positif (positive reinforcement) dengan proses apresiasi dan penghargaan yang pantas (reward).

Hal ini dimaksudkan agar Pancasila dapat dialami dalam praksis hidup yang dapat dilihat, dicontoh, dan menjadi keteladanan yang memberi inspirasi bagi banyak orang.

Baca Juga: Kepala BPIP Sampaikan Tantangan Global dan Perluas Ideologi Pancasila untuk Persatuan Bangsa

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X