Hati-hati Bioterorisme! Jangan Sembarangan Membeli Online Produk-produk Ini Karena Bisa Mematikan

- Jumat, 25 November 2022 | 19:00 WIB
Hati-hati Bioterorisme! Jangan Sembarangan Membeli Online Produk-produk Ini Karena Bisa Mematikan (Flickr)
Hati-hati Bioterorisme! Jangan Sembarangan Membeli Online Produk-produk Ini Karena Bisa Mematikan (Flickr)

JemberNetwork.com - Baru-baru ini kita dihebohkan dengan obat sirup anak yang ternyata menyebabkan gagal ginjal akut hingga menyebabkan kematian.

Pemerintah dalam hal ini BPOM kemudian menarik izin edar puluhan merek obat sirup anak dari sejumlah perusahaan farmasi.

Berkaitan dengan keberadaan obat-obat yang telah ditarik tersebut, maka dilansir dari kanal YouTube Deddy Corbuzier podcast bersama kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito, kita kemudian mengenal istilah Bioterorisme.

Baca Juga: Update Kasus Gagal Ginjal Akut, Daftar 69 Merek Obat yang Dicabut Izin Edarnya Oleh BPOM!

Istilah Bioterorisme merupakan tindakan pelepasan virus, bakteri atau agen biologi lainnya secara sengaja yang dapat membuat korbannya - orang, binatang atau tanaman menjadi sakit atau bahkan mati.

Bioterorisme menurut Penny Lukito biasanya masuk melalui produk pangan, kosmetik bahkan obat yang mengandung cemaran atau senyawa toksik yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Bioterorisme itu dikirim dari tempat lain dan menjadi berekembang semakin besar dengan adanya media belanja online yang tak bisa dikontrol sehingga banyak yang berada dibawah substandard.

Baca Juga: UPDATE! Daftar 17 Rumah Sakit di Indonesia yang Sudah Menerima Distribusi Fomepizole Untuk Gagal Ginjal Akut

"Penjualan online, sangat murah dan dibawah substandard dengan kandungan EG dan DG dibawah ketentuan. Murah harganya dan dijual secara online" terang Penny Lukito tentang produk yang bisa dianggap sebagai Bioterorisme karena keberadaannya yang dijual online namun berada dibawah standard.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X