Cegah Maraknya Pelecehan Seksual, Transjakarta Pasang CCTV Pengenal Wajah Untuk Menjaring Pelaku

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:45 WIB
Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Pasang CCTV Pengenal Wajah (Pixabay.com/Republica)
Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Pasang CCTV Pengenal Wajah (Pixabay.com/Republica)

JemberNetwork.com- Maraknya kasus pelecehan seksual di angkutan umum, membuat pihak Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta mengambil langkah upaya melakukan pencegahan tindak pelecehan seksual di dalam transportasi ibu kota.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto mengatakan pihaknya akan memasang CCTV dengan teknologi deteksi face recognition atau pengenalan wajah di beberapa halte Transjakarta akan dilakukan secara bertahap.

Hal ini disampaikan Yoga saat menggelar kampanye 'Stop Pelecehan Seksual #TjegahBersama dan #BeraniLapor' di Halte Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat 5 Agustus 2022.

Menurutnya, dengan pemasangan ini diharapkan tidak ada titik buta atau blindspot. Hal ini untuk mencegah dan mengidentifikasi apabila terjadi laporan dugaan pelecehan seksual di halte Transjakarta.

Baca Juga: Masih Tidak Terima, Keluarga Brigadir J Desak Istri Irjen Pol Ferdy Sambo Berkata Jujur dan Transparan

"Di halte-halte kami dan juga di bus itu sudah tidak ada lagi blindspot yang di mana semua area itu pasti ketauan dari CCTV-nya tapi pasti lebih ke arah upgrade teknologinya sehingga kita bisa langsung mengidentifikasi," ungkap Yoga, Jumat 5 Agustus 2022 seperti dikutip JemberNetwork.com dari PMJ News.

Yoga menjelaskan, teknologi yang dipakai oleh PT Transjakarta saat ini diharapkan dapat mendeteksi seseorang meski hanya melalui mata. Pasalnya, para pengguna memang masih diwajibkan mengenakan masker.

"CCTV yang sekarang ini sebenarnya dari sisi jumlah sudah mumpuni, namun kami sedang mengupgrade beberap CCTV, kami terutama yang di halte untuk bisa face recognitionnya," tuturnya.

Lebih lanjut, Yoga mengimbau kepada para pelanggan agar tidak ragu melaporkan kejadian tindakan pelecehan seksual kepada petugas di halte terdekat atau melapor langsung melalui hotline 112.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X