Peringatan 77 Tahun Tragedi Bom Hiroshima dan Nagasaki Tonggak Perdamaian Dunia dan Penghapusan Senjata Nuklir

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Saat bom dijatuhkan di kota Hirosima dan kota Nagasaki   (Pinterest @nadlerm2017)
Saat bom dijatuhkan di kota Hirosima dan kota Nagasaki (Pinterest @nadlerm2017)

 

JemberNetwork.com - Setiap tahunnya masyarakat jepang memperingati tragedi bom Hiroshima dan Nagasaki tepat pada 6 Agustus ketika kota Hiroshima mendapat serangan nuklir.

Tahun 2022, tragedi bom Hirosima dan Nagasaki telah beranjak 77 tahun. Peringatan mengenang tragedi tersebut biasa dilakukan di Monumen Perdamaian yang berlokasi di Hiroshima Peace Memorial Park.

Peringatan tersebut untuk mengenang tragedi perang dunia II yang memakan korban ratusan ribu jiwa dan dampak yang telah dialami penyintas selamat dengan tujuan perdamaian dunia yang lebih baik.

Pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki adalah salah satu peristiwa menghancurkan yang terukir dalam sejarah dunia.

Baca Juga: Tragedi Kemanusiaan Perang Dunia II, Sejarah Pilu Saat Bom Dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki Jepang

Pengeboman tersebut berlangsung dua kali di kota Hiroshima dan Nagasaki. Pada tanggal 6 Agustus 1945 pukul 08.15 serangan nuklir menghantam daerah tersebut yang memakan korban jiwa sebanyak 74.000 penduduk.

Sedangkan serangan nuklir di Nagasaki terjadi tiga hari setelah terjadi pengeboman di Hiroshima, tepatnya tanggal 9 Agustus 1945 yang memakan korban jiwa sebanyak 140.000 penduduk.

Banyaknya korban jiwa mengkibatkan hilangnya sebagian penduduk di Jepang. Banyak korban selamat namun mengalami luka berat, gangguan trauma, kehilangan keluarga, mengalami dampak radiasi dan jatuh miskin.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: YotuTube Channel NewsLine World

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X