Kesaktian Jenderal Sudirman, Kisah Heroik yang Legendaris Dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:45 WIB
Kesaktian Jenderal Sudirman, Kisah Heroik yang Legendaris Dalam Sejarah Perjuangan Perjuangan Kemerdekaan (Istimewa)
Kesaktian Jenderal Sudirman, Kisah Heroik yang Legendaris Dalam Sejarah Perjuangan Perjuangan Kemerdekaan (Istimewa)

JemberNetwork.com - Jenderal Sudirman merupakan salah satu pahlawan yang dicintai dan dikagumi dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dia salah satu sosok pemimpin tertinggi pertama dalam sejarah kemiliteran Indonesia yang memilih masuk ke hutan dan bergerilya memimpin perlawanan terhadap militer Belanda yang hendak merampas kemerdekaan dari Indonesia.

Sosok berkharisma besar, rela berkorban dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sehingga kita bisa menikmati udara merdeka hingga saat ini.

Dilansir dari JemberNetwork.com dikutip dari kanala YouTube Matahatipemuda dibeberkan bagaimana kisah heroik dan kesaktian seorang Jenderal Sudirman dalam mengahadapi penjajahan Belanda.

Baca Juga: Resolusi Jihad, Perjuangan Santri Untuk Mempertahankan Kemerdekaan

Kisah kesaktian Jenderal Sudirman terjadi Peristiwa Yokyakarta 19 Desember 1948.

Kala itu Jenderal Sudirman terkena penyakit TBC, lalu terdengar laporan serangan Belanda yang sedang menuju Yokyakarta dan hendak menangkap Soekarno Hatta dan Jenderal Sudirman.

Mendengar hal tersebut membuat Jenderal Sudirman marah besar karena hal itu menunjukkan Belanda telah menghianati gencatan senjata. 

Soepardjo Rustam yang merupakan ajudan dari Jenderal Sudirman kemudian berusaha meminta izin kepada Sukarno agar Sudirman diizinkan melawan Belanda.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X