Cara Bersikap Terhadap Uang dan Barang Temuan, Begini Kata Buya Yahya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 09:45 WIB
Cara Bersikap Terhadap Uang dan Barang Temuan, Begini Kata Buya Yahya (YouTube.com/Al-Bahjah TV)
Cara Bersikap Terhadap Uang dan Barang Temuan, Begini Kata Buya Yahya (YouTube.com/Al-Bahjah TV)

JemberNetwork.com – Seringkali seseorang ketika ditengah keramaian menemukan barang-barang atau uang yang tergeletak di jalanan, seakan tidak ada pemiliknya.

Banyak cara yang dilakukan oleh seseorang terkait barang yang dilihatnya itu seakan tidak ada pemiliknya, mulai dari mengambil dan memanfaatkan secara pribadi, mengamankan dan mencari sang pemiliknya, dan lebih gampangnya mengamalkan barang atau uang ke Masjid saja.

Dalam sebuah ceramahnya, Buya Yahya menyikapi persoalan tentang barang atau uang temuan ketika seseorang tidak mengetahui dan tidak tahu cara untuk mengembalikan pada sang pemilik.

Baca Juga: Meski Bercerai, Gading-Gisella Kompak Rayakan Ultah Gempita, Hendak Rujuk?

“Yang pertama yang harus kita tanamkan di hati kita, di hati anak-anak kita, jangan biasa menginginkan sesuatu yang bukan milik kita. Kita tidak ingin mendidik anak kita itu tamak,” ujar Buya Yahya, dikutip JemberNetwork.com dari channel Youtube AL-Bahjah TV.

Segala hal yang menjadi barang temuan ketika dirasa tidak ada pemiliknya, semisal uang, barang, dan sebagainya, pada dasarnya ada orang yang memilikinya, cuman kadang kala seseorang kesulitan untuk menemukan pemilik tersebut untuk mengembalikan barang temuannya itu.

Menurut Buya Yahya, penting untuk melatih orang dimulai dari masa kanak-kanak untuk mendapat pemahaman bahwa tidak baik untuk mengambil sesuatu yang menjadi hak, apalagi jelas-jelas itu adalah hak milik orang lain.

Baca Juga: Tentang Selingkuh dan Kerap Berganti Pasangan Apakah Bisa Berubah? Begini Tanggapan Buya Yahya

Seseorang yang menemukan suatu barang atau barang tertentu, lantas secara serta-merta tidak dianjurkan untuk mengklaim barang tersebut menjadi hak miliknya.

Halaman:

Editor: Irvan Muhlish Abdillah

Sumber: Al Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X