Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Diperingati Tanggal Berapa? Berikut Bentuk Dukungan yang Bisa Dilakukan

- Kamis, 24 November 2022 | 21:30 WIB
Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Diperingati Tanggal Berapa? Berikut Bentuk Dukungan yang Bisa Dilakukan (pixabay.com/alexas_fotos)
Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Diperingati Tanggal Berapa? Berikut Bentuk Dukungan yang Bisa Dilakukan (pixabay.com/alexas_fotos)

JemberNetwork.com - Setiap tahun sejak tahun 1981, tanggal 25 November selalu diperingati sebagai hari anti kekerasan terhadap perempuan.

Peringatan hari anti kekerasan terhadap perempuan yang dilakukan setiap tanggal 25 November ini sebenarnya memilik tujuan untuk menunjukkan hak mendapatkan perlindungan pada setiap perempuan di dunia.

Hak perlindungan pada wanita yang selalu dikampanyekan pada peringatan hari anti kekerasan terhadap perempuan ini untuk melindungi setiap wanita dari kejahatan verbal ataupun non verbal.

Baca Juga: Toko Emas di Jember Dirampok, 2 kg Emas dan 19 Juta Uang Digondol Pelaku

Namun siapa yang menyangka jika di balik peringatan hari anti kekerasan terhadap perempuan ini terdapat sebuah peristiwa kelam dibaliknya yang terjadi sekitar tahun 1960 silam.

Dilansir dari situs history.com, pada tahun 1960 silam di Republik Dominika, terjadi sebuah kejadian menggemparkan di mana tiga orang perempuan menjadi korban pembunuhan brutal oleh seorang penguasa.

Ketiga perempuan ini adalah Mirabal bersaudara yang kala itu melawan kediktatoran seorang Rafael Trujillo yang menjadi pemimpin Republik Dominika sekitar tahun 1930-1961.

Baca Juga: Kasus Perampokan Toko Emas Murni di Jember, Pasang 3 Alat Ini untuk Cegah Aksi yang Sama

Mirabal bersaudara ini terdiri dari kakak beradik bernama Patria Mirabal, Minerva Mirabal dan Maria Mirabal.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: history.com, Women health

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X