Tragedi Kemanusiaan Perang Dunia II, Sejarah Pilu Saat Bom Dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki Jepang

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi! Tragedi Kemanusiaan Perang Dunia II, Sejarah Pilu Saat Bom Dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki Jepang (Ilustrasi: Pixabay)
Ilustrasi! Tragedi Kemanusiaan Perang Dunia II, Sejarah Pilu Saat Bom Dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki Jepang (Ilustrasi: Pixabay)

JemberNetwork.com - Jika di Indonesia memperingati bulan kemerdekaan, lain halnya dengan negara Jepang yang justru mengenang tragedi besar dalam akhir perang.

Dengan usia yang sama yakni 77 tahun, Jepang mengingat sebuah momen pahit ketika Amerika menjatuhkan sebuah bom atom di daerah Nagasarki dan Hiroshima pada bulan Agustus 1945.

Aksi penjatuhan bom di Nagasaki serta Hiroshima ini terjadi menjelang akhir dari Perang Dunia II guna melumpuhkan Jepang yang kala itu tak mau menyerah.

Pada bulan Agustus itu, Jepang tengah menjajah Indonesia setelah berabad-abad lamanya dijajah oleh Belanda.

Baca Juga: Bagaimana Peran Sipil Mempertahankan Kemerdekaan di Masa Revolusi Tahun 1945-1947? Begini Upaya Diplomasinya

Dilansir JemberNetwork.com dari YouTube Emang Iya yang mengunggah sebuah video dengan judul Perang Pasifik Jepang VS Amerika – Awal Hingga Akhir itu berkisah tentang hal-hal yang terjadi dalam perang yang menimbulkan trauma mendalam.

Video tersebut telah diunggah sejak 20 Juli 2021 dan telah ditonton sebanyak 1,2 juta kali dengan jumlah like sebanyak 9,9 ribu serta menuai komentar sebanyak 1,5 ribu.

Awal kisanya ketika Angkatan Laut Jepang melancarkan sebuah serangan di tanggal 7 Desember 1941 yang di tujukan untuk pangkalan militer Amerika Serikat di Ohau, Hawaii.

Serangan mengejutkan itu diinisiasi oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo yang kahirnya menimbulkan pecahnya Perang Dunia II yang tururt menyertakan Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X