Pura-pura Bahagia Padahal Hati Hancur Lebur, Waspada Bisa Jadi Anda Menderita Gangguan Mental Jenis Ini....

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:00 WIB
Pura-pura Bahagia Padahal Hati Hancur Lebur, Waspada Bisa Jadi Anda Menderita Gangguan Mental Jenis Ini.... (Pexels)
Pura-pura Bahagia Padahal Hati Hancur Lebur, Waspada Bisa Jadi Anda Menderita Gangguan Mental Jenis Ini.... (Pexels)

JemberNetwork.com – Menyembunyikan kesedihan di balik tawa bahagia merupakan kondisi mental yang berbahaya.

Sebagian dari kita mungkin tidak ingin memperlihatkan kesedihan atau beban hidup yang memilukan di depan publik. Alih-alih menyembunyikan hal tersebut, terkadang kita justru berpura pura bahagia.

Terdapat sindrom dari ekspresi depresi yang tidak wajar yakni smiling depression. Istilah tersebut digunakan untuk seseorang yang depresi namun ingin terlihat bahagia dan ceria.

Menghadapi suatu permasalahan dengan tersenyum memang disarankan, namun sebaiknya hal itu dilakukan setelah kita telah menerima dengan lapang bentuk masalah yang membuat kita sedih dan diimbangi dengan kontrol diri.

Baca Juga: 5 Kiat Sederhana untuk Turunkan Resiko Terjadinya Depresi, Nomor 5 Paling Gampang Dilakukan!

Bahagia memang kunci menjalani berbagai masalah hidup, namun bahagia berbeda dengan pura pura bahagia.

Sebagian orang kerap mengalami sindrom smiling depression ketika berada pada kondisi depresi. Biasanya mereka akan menampakkan ekspresi bahagia dan ceria bahkan sering tersenyum di waktu yang tidak wajar. Ekspresi tersebut berkebalikan dengan apa yang sebenarnya dirasakan.

Smiling depression ini lebih membahayakan dibanding ekspresi depresi yang pada umumnya. Karena mereka tidak menunjukkan gejala-gejala depresi yang wajar.

Smiling depression justru akan menekan dirinya untuk terus ceria sehingga dia akan kesusahan mengekspresikan kesedihan. Gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penderita smiling depression adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X