8 Manfaat Terapi Air Dingin Bagi Kesehatan, Salah Satunya Sebagai Pereda Gelisah dan Keresahan

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:00 WIB
8 Manfaat Terapi Air Dingin, Salah Satunya Sebagai Pereda Gelisah dan Keresahan (/boldsky/)
8 Manfaat Terapi Air Dingin, Salah Satunya Sebagai Pereda Gelisah dan Keresahan (/boldsky/)

JemberNetwork.com – suhu dingin kerap digunakan medis sebagai pertolongan pertama dalam mengatasi cedera. Lalu bagaimana dengan manfaat terapi air dingin?

Terapi air dingin umumnya dikenal sebagai pijat es. Secara medis terapi air dingin disebut cryotherapy. Terapi tersebut adalah perendaman menggunakan air bersuhu rendah atau dingin.

Terapi air dingin menjadi metode pemulihan pada kondisi tubuh seperti nyeri, peradangan, keseleo dan stress akibat latihan berat.

Selain untuk metode pemulihan tersebut, terapi air dingin juga digunakan untuk manajemen pasca operasi khususnya prosedur ortopedi.

Berbagai metode menggunakan terapi air dingin tersebut mempunyai banyak lagi manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat terapi air dingin yang dilansir dari berbagai sumber oleh JemberNetwork.com.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Ternyata Dapat Atasi Penyakit-penyakit Ini...

1. Mengurangi Edema

Terapi air dingin dapat mengobati edema yang berkaitan dengan robekan, luka bedah di area vagina ketika persalinan dan episiotomi. Terapi tersebut sebetulnya bisa juga dengan air bersuhu tinggi namun sejumlah penelitian menyebutkan terapi air dingin lebih efektif. 

2. Pemulihan Latihan Berintensitas Tinggi

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X