Ramai Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang Diprotes Gus Muwafiq, Inilah Fakta Sebenarnya Sosok Joko Tingkir

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:00 WIB
Ramai Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang Diprotes Gus Muwafiq, Inilah Fakta Sebenarnya Sosok Joko Tingkir (Foto : FP Komunitas Pecinta Film  Indonesia Jadul)
Ramai Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang Diprotes Gus Muwafiq, Inilah Fakta Sebenarnya Sosok Joko Tingkir (Foto : FP Komunitas Pecinta Film Indonesia Jadul)

JemberNetwork.com - Ramai pro dan kontra lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang diprotes Gus Muwafiq, membuat publik bertanya-tanya.

Siapa sebenarnya sosok Joko Tingkir yang ada di dalam lirik lagu tersebut? Simak kisah selengkapnya yang telah dirangkai JemberNetwork.com dari berbagai sumber. 

Kesultanan Pajang yang berdiri di antara perbatasan Surakarta dan Sukoharjo pernah dipimpin oleh sosok bernama Joko Tingkir

Tak hanya dikenal sebagai raja, Joko tingkir juga menjadi sosok legenda yang ada di tengah masyarakat Jawa Tengah.

Sosok Joko Tingkir sendiri adalah putra dari Ki Ageng Butuh atau Raden Kebo Kenanga dengan Roro Alit Putri dari Sunan Lawu.

Jika ditelusuri lagi dari garis silsilahnya, Sunan Lawu diketahui merupakan putra dari Prabu Brawijaya V.

Joko Tingkir ketika masih kecil dipanggil dengan nama Raden Mas Karebet, dan ketika telah beranjak dewasa, dirinya diperintahkan untuk mengabdi di Kerajaan Demak.

Baca Juga: Gus Muwafiq Peringatkan Penyanyi Joko Tingkir, Ini Alasannya

Joko Tingkir bersama dengan tiga sahabatnya, Pangeran Monco Negoro, Kanjeng Tumenggung Wilomarto, dan Kanjeng Tumenggung Wuragil berangkat ke Demak dengan menggunakan getek atau perahu rakit dari bambu.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X