Tembang Lir Ilir Ciptaan Sunan Kalijaga Sebagai Media Syiar Islam yang Punya Makna dan Filosofi Mendalam

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:30 WIB
Tembang Lir Ilir Ciptaan Sunan Kalijaga Sebagai Media Syiar Islam yang Punya Makna dan Filosofi Mendalam (Fanart)
Tembang Lir Ilir Ciptaan Sunan Kalijaga Sebagai Media Syiar Islam yang Punya Makna dan Filosofi Mendalam (Fanart)

JemberNetwork.com - Mungkin selama ini kita pernah mendengar lagu Lir Ilir tapi tak pernah tahu apa makna dibalik Lir Ilir tersebut.

Pada masa zaman kerajaan Islam masih berkuasa, rupanya Lir Ilir merupakan tembang yang sangat populer dinyanyikan sebagai tembang dolanan kalangan anak-anak dan masyarakat kala itu.

Bahkan tak jarang tembang ini juga dijadikan lantunan seorang ibu yang tengah 'meninabobokan' bayinya agar lekas pulas tertidur.

Baca Juga: Kekasih Meerqeen Ramai Dicari, Simak Biodata Lengkap Aktor Utama Melur untuk Firdaus: Agama, Umur, dan Pacar

Lalu siapakah yang menciptakan tembang itu? Ternyata yang menciptakan tembang itu adalah Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga merupakan salah satu sunan penyebar agama Islam di pulau Jawa.

Sunan Kalijaga sengaja menciptakan tembang itu meskipun anggota Walisongo yang lain juga memiliki tembang untuk media dakwah.

Alasan mendasar dakwah menggunakan media tembang adalah untuk tidak mencoba melawan arus adat istiadat yang sudah lama berkembang yaitu Hindu Buddha, hal tersebut mencoba memberikan makna tersirat yang terkesan sederhana namun mengandung makna yang dalam bila dicermati.

Baca Juga: Apakah Maya Hanya Sosok Hayalan Anna Jobling dalam Melur untuk Firdaus?, Ini Penjelasannya

Tembang Lir Ilir merupakan tembang yang tak hanya sekedar tembang tetapi tembang ini memiliki makna yang dalam. Untuk lebih jelasnya mari kita cermati lagu Lir Ilir berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X