Ampuh dan Berpengaruh! Inilah Mitos Memelihara Burung Perkutut Jenis Ini, Salah Satunya Lambang Keberuntungan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 20:15 WIB
Ampuh dan Berpengaruh! Inilah Mitos Memelihara Burung Perkutut Jenis Ini, Salah Satunya Lambang Keberuntungan (OpenClipart-Vectors)
Ampuh dan Berpengaruh! Inilah Mitos Memelihara Burung Perkutut Jenis Ini, Salah Satunya Lambang Keberuntungan (OpenClipart-Vectors)

JemberNetwork.com - Burung perkutut merupakan jenis burung yang biasa dipelihara oleh pecinta burung.

Nama latin dari burung perkutut ini adalah Geopelia Striata. Ukuran badannya sedang dan mayoritas berwarna abu-abu, walaupun ada pula yang berwarna putih dan hitam serta memiliki suara indah.

Salah satu alasan utama mengapa burung perkutut ini kerap dipelihara, karena selain cantik dan bersuara merdu burung ini juga dipercaya membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Baca Juga: Nabila Ishma Sering Muncul di TV, Ini Daftar Iklan yang Dibintangi Pacar Eril

Mitos yang beredar di masyarakat ada beberapa ciri fisik serta mitos pada burung perkutut.

1. Burung Perkutut Songgo Ratu

Burung perkutut Songgo Ratu dipercaya merupakan titisan seorang Raja Bali pada zaman Majapahit yang melarikan diri karena dikejar musuhnya lalu meninggal di Blambangan Banyuwangi dan berubah menjadi burung perkutut.
 
Burung perkutut jelmaan titisan raja itu kemudian diberi nama Songgo Ratu dengan ciri khas di kepalanya memiliki memiliki jambul yang mirip mahkota berwarna putih.

Selain itu kaki dan paruhnya berwarna hitam, bulunya kehitaman.

Baca Juga: Profil dan Biodata Anna Jobling Lengkap Agama, Instagram, TikTok, Pemeran Utama Serial Melur untuk Firdaus
 
Tempat tinggal yang paling digemari jenis ini adalah di dalam goa atau di kuburan dan selalu tidur ditempat paling tinggi dibandingkan burung perkutut lainnya.
 
Mitosnya jenis perkutut ini bisa digunakan untuk menolak santet atau ilmu hitam, melancarkan rezeki, dan punya kewibawaan yang tinggi bagi pemiliknya.
 
2. Burung Perkutut Lurah

Halaman:

Editor: Zuhana Anibuddin Zuhro

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X